Telaga Warna dan Sekitarnya

Kali ini kita kan membahas lebih detail dari sekilas eksotika Dieng. Dimulai dari Telaga Warna sebagai ikon Dataran Tinggi Dieng dan merupakan salah satu dari sekian banyak obyek pariwisata di Dataran Tinggi Dieng. Letaknya di Desa Dieng Kabupaten Banjarnegara. Lokasinya
dekat dengan Dieng Plateu Theater, Kawah Sikidang, dan Kompleks Candi Dieng, one stop tourism deh istilahnya.
Telaga Warna ini sudah dilengkapi fasilitas area parkir dan tempat mangkal penjual makanan dan souvenir. Cara memasuki telaga warna ada beberapa yaitu lewat pintu masuk resmi, lewat Dieng Plateu Theater (DPT) dan lewat jalan Desa Jojogan. Pintu masuk resmi bisa dicapai dari pertigaan Dieng kamu ambil jalan yang ke kiri. Di sepanjang jalan akan tampak beberapa penginapan dan di kanan jalan ada sebuah Masjid yang arsitekturnya mirip bangunan di Moskow, Rusia. Oya kalo jeli di sebelah kanan jalan juga tampak Kompleks Candi Dieng lho. Gerbang Telaga Warna ada di kiri jalan di sebuah kelokan jalan. Di seberangnya itulah terdapat area parkir dan tempat mangkal penjual. Oya kurang tahu harga tiketnya berapa tapi yang pasti terjangkau lah.
Sedangkan cara mencapai pintu masuk yang ada di belakang DPT yaitu kamu harus nyampe DPT dulu. DPT dapat dicapai dengan mengikuti jalan dari pintu masuk Telaga Warna, lalu belok ke kiri, nanti akan kelihatan bangunan DPT di atas bukit, ada plangnya kok. Di seberang DPT adalah area milik PT Geo Dipa Energi unit Dieng, sebuah perusahaan pembangkit energi listrik tenaga panas bumi. Oya, di sini anda bisa menonton film dokumenter yg berkisah tentang asal-usul Dataran Tinggi Dieng dan letusan Kawah Sinila pada tahun 70-an yang tragis. Setelah sampai di DPT cari saja plang jalan menuju ke Telaga Warna di sebelah belakang DPT. Jalannya berupa tangga yang turun menuju telaga di bawahnya. Nanti anda akan sampai di sisi sebelah selatan dari Telaga Warna.
Sedangkan jalan yg terakhir agak pribadi ya, karena harus melewati jalan desa, dan anda harus jalan kaki juga. Tapi tak apa, malah bisa sekalian berkenalan dengan masyarakat, siapa tahu? Desa Jojogan ini ada di sebelah timur laut dari Telaga Warna. Petunjuknya yaitu setelah anda melewati gerbang Dieng Plateau Area bersiaplah mencari SD Patakbanteng di sebelah kiri jalan, setelah SD tak lama kemudian ada masjib hijau di sebelah kiri jalan juga, di sebelah masjid ini akan ada sebuah jalan desa. Nah, anda tinggal belok kiri ke jalan yang menuju Desa Jojogan ini. Jalan saja terus, oya jalannya menanjak ya, siapkan bekal air minum. Kalau sudah sampai di area lahan kentang tinggal jalan menuju arah barat atau belok ke kanan. Kalau bingung jangan ragu bertanya pada petani yag beraktivitas di sana ya. Tapi yakin deh kalau ga bakal tersesat, gampang kok. Nanti Telaga Warna akan tampak biru dan cantik dari sisi timur ini, berwarna biru muda di tengah dan hijau tua keabu-abuan pada tepinya. Lalu hamparan ladang kentang berubah menjadi hutan pinus. Hati-hati ya kalau lewat sini, saat sedang musim angin rawan pohon tumbang. Lihat saja ada beberapa pohon tumbang di tepi telaga. Tapi pohon tumbang ini adalah spot favorit untuk berfoto lho.
Oya di Telaga Warna ini banyak areanya lho, ada area pertunjukan tari topeng di sisi barat. Setelahnya ada area yang disebut pantai yang khas dengan bau belerang. Kemudian ada Goa Semar di sisi timur. Dan tak lupa ada Telaga Pengilon di sisi sebelah tenggara, telaga ini ukurannya lebih kecil dan warna airnya hanya kehijauan.
Telaga Warna ini sering kami pakai jika ada kegiatan seperti manajemen alam bagi anak SD dan outbound untuk anak SMP. Beberapa bulan yg lalu juga diadakan Jambore Pecinta Alam Se-Jawa Tengah di sini.