Gunung Dunia

Gunung Tertinggi Paling Spektakuler untuk Pendakian
Kamu hobi mendaki gunung atau panjat tebing? Di dunia ini ada beberapa lokasi menantang untuk pendakian. Diambil dari blog ini. Ilustrasi adalah Prekestolen, Dataran Tinggi Kjerag, visit alamat di atas untuk gambar lebih lengkap.

1. Puncak Tak Bernama
Merupakan nama lain puncak Trango yang terletak di atas sungai es Baltoro, Pakistan Utara. Ketingian 6.239 m. Ukurannya besar dan memiliki perbukitan yang banyak sepanjang 1000 m.
2. Cerro Torre, Patagonia, Argentina
Gunung granit yang tegak lurus ini memiliki tinggi 3128 m.
3. Saint Matterhorn, Zermatt, Switzerland
Salah satu puncak tertinggi Swiss Alps dan sangat jangkung dengan ketinggian mencapai 4478 m.
4. Las Torres, Taman nasional Torres del Paine, Patagonia
Membentang sepanjang 112 km ke utara Puerto Natales dan 312 km ke utara Punta Arenas, taman ini juga menjadi tempat bagian Paine yang ketinggiannya sangat kontras dibandingkan dengan padang rumput Patagonian.
5. Bugaboo Spire, Columbia-Kootenay, Kanada
Terletak di antara sungai es Vowell di barat dan sungai es Crescent di timur, merupakan salah satu ikon panjat tebing Alpine yang terkenal di Kanada.
6. Gunung Roraima
Berada di perbatasan Venezuela, Brazil, dan Guyana, tingginya 2810 m dan menjadikannya tertinggi di Guyana. Salah satu formasi geologi tertua yang pernah ditemukan. Menjadikannya inspirasi dibalik novel terkenal Sir Arthur Conan Doyle “The Lost World”.
7. Gunung Thor, Baffin Island, Nunavut, Kanada
Berlokasi di Taman Nasional Auyuittuq, bagian barat dari gunung Thor atau puncak Thor, menjulang setinggi 1675 m dan tercatat sebagai tebing paling jangkung sedunia. Keterpencilan dan sudut vertikalnya yang 105 derajat membuatnya menjadi favorit bagi para pemanjat tebing dan sebagai lokasi camping.
8. El Capitan, Taman Nasional Yosemite, California
Berlokasi di sisi utara taman nasional Yosemite, monolith granit setinggi 900 m ini memiliki tebing terjal yang sangat membingungkan. Pendakian vertikalnya sangat menantang bagi para pemanjat tebing. Ada jalan setapak di sepanjang tepi Air Terjun Yosemite menuju puncak tebing terjal ini, tapi kesulitan yang luar biasa terletak pada saat penyeberangan di permukaan granitnya. Konon granit di sini telah berumur lebih dari 100 juta tahun. Makin ke puncak kualitas granitnya berubah menjadi Taft Granite dan beberapa bagiannya diperkirakan terbentuk pada jaman es mencair.
9. Prekestolen, Dataran Tinggi Kjerag, Forsand, Norway
Gunung jangkung (604 m) ini terletak bervariasi antara Prekestolen dan Preikestolen, dijuluki dengan nama “Preacher’s Pulpit” atau Tebing Tangga. Memiliki sebuah bidang puncak yang jarang yaitu berukuran 25 kali 25 meter.
10. Las Torres de Vajolet, Italian Alps
Rute Delago arête masih merupakan jalur pendakian yang nyaman untuk menaklukkan gunung ini. Lereng Delagokante-nya cukup sulit dan sering membuat para pendaki terbaik di sini menahan napas.
11. Agulha do Diabo
Nama dari puncak setinggi 2050 m yang berlokasi di Taman Nasional Serra dos Órgãos ini berarti “Jarum Setan”. Yang spesial dari gunung ini adalah bahwa bagiannya yang tersembunyi diantara blok-blok bebatuan dan pilar-pilar yang menjulang lebih dari 2000 meter.
12. Shiprock, New Mexico
Meski kita tidak mendakinya, kita dapat melihat bagian tengah Shiprock dari beberapa kilometer jauhnya karena diameternya yang mencapai 500 meter dan ketinggian 600 meter. Area dari gunung api yang sudah mati ini membentang hampir 20 ribu kilometer persegi mengelilingi daerah Arizona, Utah, dan Colorado.
13. Spider Rock
Monolith pasir batu merah dengan ketinggian 244 m yang menakjubkan ini berada di Taman Nasional Canyon de Chelly, Arizona. Terbentuk lebih dari 230 juta tahun yang lalu melalui pembentukan lapisan-lapisan tanah oleh angin.
14. Dead Horse Point
Tempat ini pernah dijadikan lokasi film di Mission Impossible. Berlokasi di sebelah sungai Colorado di Taman Nasional Canyonlands, gunung ini punya topografi yang sangat menarik. Dataran tinggi yang pada ketiga sisinya turun tiba-tiba memunculkan bidang dataran lancip yang menyolok mata.
15. Meteora, Yunani
Masuk dalam kawasan warisan dunia UNESCO, saat ini merupakan satu diantara lokasi panjat tebing yang penting.