Candi Dieng dan Sekitarnya

Ikon Daratan Tinggi Dieng selanjutnya adalah Komplek Candi Dieng yang terletak di Desa Dieng Wetan, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara. Letaknya di perbatasan dengan Desa Dieng Kulon, Kabupaten Wonosobo. Kompleks ini mencolok dan terlihat
jelas dari jalan, dijamin tidak akan tersesat deh. Pemandangannya asri, sepanjang jalan menuju candi ditanami pohon cemara dan bunga terompet kuning, cantik! Tempatnya juga bersih dan rumputnya rapi.
Pertama anda bisa mengunjungi Komplek Candi Arjuna. Komplek Candi ini terakhir kali mengalami pemugaran pada 28 Juli 2008 dan Purna Pugar Candi Arjuna ini diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata pada waktu itu yaitu Ir. Jero Wacik , SE. Komplek candi ini terdiri dari candi yang berada di sisi timur yaitu Candi Arjuna-Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembrada, sedangkan di sisi barat ada Candi Semar dan Candi Arjuna. Selain itu juga masih ada candi-candi lain namun kondisinya tidak utuh. Oya, Komplek Candi Dieng merupakan Candi Hindu, tinggi dan ramping, jadi ingat dengan Candi Prambanan yang lebih spektakuler ya?
Selain Komplek Candi Arjuna di Komplek Candi Dieng ada Candi Bima dan Candi Gatotkaca. Kedua candi itu terletak tidak jauh dari Komplek Candi Arjuna. Candi Gatotkaca yang terletak di atas bukit, dan dari sini terlihat Telaga Balekambang. Telaga ini dikelilingi kebun milik masyarakat, sepertinya telaga ini tidak dijadikan obyek pariwisata. Sedangkan Candi Bima ada di sebelah belakang dekat dengan pintu masuk Kawah Sikidang. Candinya masih terawat dengan baik, lingkungan di sekitarnya pun bersih dan asri. Selain candi disini juga ada museumnya lho.
Sedangkan untuk mengunjungi Kawah Sikidang anda tinggal jalan terus dari pintu masuk di sebelah Candi Bima. Di jalan anda akan menemui pipa-pipa milik PT Geo Dipa Energi unit Dieng, sebuah perusahaan pembangkit energi listrik tenaga panas bumi. Dari pintu masuk menuju kawah jaraknya memang cukup jauh. Kemudian tampaklah area kawah dengan asapnya yang menjulang. Tempat pariwisata ini dilengkapi area parkir yang cukup luas. Juga ada kios-kios souvenir. Mendekati area kawah anda akan disambut oleh bau belerang yang khas dan menusuk hidung. Pusat kawah hanya dipagari bambu seadanya. Di dalamnya, air kawah mendidih dan meletup-letup hebat.