Seri Hijau : Tips Hemat Air!

Ada lagi nih yg bisa kita lakukan buat bumi kita. Artikel ini aq ambil dengan sedikit perubahan dari sini. Check it out..
1. Cek kondisi sambungan pipa air dan keran di setiap titik saluran air yang ada di dalam rumah.
2. Simpan air bekas saat cuci piring.
Bak cuci piring 'double sink' lebih hemat air karena air keran tidak perlu mengucur terus saat mencuci. Gunakan
satu ember di salah satu bak, dan buang air bekas cucian untuk menyiram tanaman atau WC.Ini juga berlaku bagi air bekas wudhu dan air bekas mandi sebelum memakai sabun.
3. Memasukkan botol air di tanki WC.
Terdengar aneh kan? Padahal, memasukkan botol kemasan yang diisi air dalam tanki WC merupakan salah satu cara paling efektif, mudah dan murah untuk menggurangi pengunaan air saat flushing. Dalam 1 hari, kita membuang air sebanyak 2.5 botol galon air bersih hanya untuk membilas toilet. Dengan menggunakan botol air, kita bisa menghemat antara 15-20 liter per hari.
4. Mandi 5 menit saja.
Menghabiskan air bersih sekitar 30 liter saja, daripada menggunakan bathtub (bisa 60 liter).
5. Gosok gigi dengan keran tertutup.
Capek atau malas, kita suka lupa matikan keran saat sikat gigi. Tapi, membiarkan keran terbuka selama 1 menit itu sama dengan membuang 1 botol galon air bersih sehari.
6. Memasang keran 'one touch': (liter air yang dihematkan per hari = 85%).
7. Membuat lubang Biopori.
Cara pembuatannya sangat mudah, yaitu dengan membuat lubang berdiameter 10 cm. Lubangnya diisi dengan sampah organik. Saat hujan turun, lubang ini akan terisi air. Air tersebut akan meresap ke dalam tanah dan diikat sebagai sumber air tanah yang nantinya akan kita butuhkan sebagai suplai air bersih.
8. Memasang talang air.
Dengan media penyalur air hujan ini, air hujan disalurkan ke bidang yang lebih rendah, misalnya ke selokan atau/dan ke sumur resapan.
9. Pilih toilet/wc dengan 'dual flush'.
Sistem pembilasannya terdiri atas dua pilihan, sesuai dengan kebutuhan.
10. Menyiram tanaman pada jam 9 pagi atau sore setelah jam 4 untuk mengurangi penguapan.
11. Tanam tanaman di tanah bukan di pot karena tanaman di pot akan membutuhkan lebih banyak air.
12. Sebaiknya untuk daerah yang kesulitan air tidak dianjurkan untuk menanam jenis palem-paleman (Palmae), karena tanaman ini membutuhkan air setiap harinya rata-rata 60 liter. Namun ada pula jenis tanaman yang memiliki kemampuan untuk "menaikkan" air tanah yaitu pohon Gayam (Inocarpus edulis).Tanaman Perdu/Semak (Shrubs) yang bisa mereduksi polusi antara lain Bugenvil (Bougainvillea sp), Puring (Codiaeum variegatum), Nusa Indah (Mussaenda sp), Sri Rejeki (Aglaonema sp), Taiwan Beauty (Cuphea sp). Jenis-jenis tanaman ini merupakan tanaman yang tidak sulit dirawat.Yang bisa mengurangi (polusi) asap rokok misalnya Pedang-pedangan (Sansiviera sp), Katis Kodok (Sansiviera trifasciata), atau jenis tanaman sukulen lainnya. Tanaman ini pun cukup efektif fungsinya apabila diletakkan di dalam ruangan (indoor plants).
Simpel2 kan? Coba saja dulu dari yg paling mudah dan lanjutkan terus ya.. Selamat berhemat!