Menjer dan Sekitarnya

Kalau biasanya ke arah barat melulu, sekarang kita pindah haluan ke arah timur yuk! Telaga Menjer adalah salah satu telaga di lereng Dataran Tinggi Dieng. Selain Telaga Menjer masih ada Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Merdada, Telaga Cebong, dan lain-lain. Letak telaga ini adalah di Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, letaknya dekat dengan PLTA Garung. Telaga ini juga dipakai sebagai sumber listrik.

Telaga ini bisa dicapai dengan menuruni Dataran Tinggi Dieng menuju Kecamatan Garung. Sampai di Pasar Kecamatan Kejajar belok ke kanan dan mengikuti jalan. Jalan yang berkelak-kelok cukup menghibur perjalanan. Sepanjang jalan adalah ladang milik masyarakat desa. Ada kebun teh juga. Namun kadang kala tanaman masyarakat tersebut ada yang rusak karena terjangan angin kencang.
Atau bisa juga lewat jalan raya dieng dan berhenti di gerbang plta garung si sedbelah kiri jalan. Tinggal belok kiri dan mengikuti jalan.Jika melewati jalan di area PLTA Garung ini maka akan disuguhi deretan pipa-pipa air yang berukuran raksasa, diameternya tak kurang dari 1,5 meter.
Air di telaga ini berwarna biru cantik, dikelilingi pohon-pohon yang asri. Untuk masuk ke tempat pariwisata ini cukup membayar karcis dua ribu rupiah saja. Di tepian telaga sebelah barat dan selatan ada keramba ikan milik masyarakat. Dan ada perahu yang siap mengatar berkeliling telaga, ongkosnya cukup lima ribu rupiah.