Curug Sirawe dan Sekitarnya

Menuju objek pariwisata yg lain di Dataran Tinggi Dieng yaitu Curug Sirawe dan sekitarnya. Curug Sirawe sendiri berada di Kabupaten Banjarnegara dan memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter. Perjalanan menuju
curug dapat ditempuh dengan motor dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jalan menuju curug belum terjamah aspal sehingga perjalanan akan perlu perjuangan. Begitu pula saat harus berjalan kaki menuju curug. Jalan setapak di dalam hutan yang masih rimbun cukup menyulitkan namun tetap bisa dilalui kok. Setelah hampir setengah jam berjalan akan mulai terdengar suara air mengalir deras. Dijamin semua jerih payah melewati hutan tidak sia-sia belaka, curugnya indah sekali dan alam di sekitarnya juga masih lestari. Hati2 apabila bermain air, jangan sampai terpeleset di antara batu yang licin. Perjalanan pulang ternyata juga tidak mudah lho. Harus mendaki jalan setapak yang tadi dilalui. Kalau ingin mencari tempat cuci kaki, cari saja tempat cuci umum, karena airnya hangat, dijamin betah mencuci kaki deh.
Setelah dari sini bisa melanjutkan perjalanan ke arah barat ke Telaga Merdada. Sebelumnya sempatkan pula mampir di Kawah Sileri yang baru-baru ini meletus. Tenang, letusan ini tidak tampak menimbulkan kerusakan yang berarti. Telaga Merdada merupakan telaga terluas di kawasan dengan luas 25 ha dan kedalaman 2-10 meter. Telaga ini juga masih berda di kawasan kabupaten banjarnegara. Telaga Merdada indah dan bersih, akan tampak beberapa orang yang memancing disana.