Seri Hijau Lainnya


Artikel ini disarikan dari Koran Republika 27 Juni 2010 dengan tema Global Warming or Go Green Global. Berdasarkan keterangan kelompok peneliti inti es Papua dari Ohio State University bahwa dalam waktu 20-30 tahun ke depan gletser di Gunung Cartensz dekat Puncak Jaya Papua akan hilang.
Kelompok peneliti ini selama 13 hari tinggal di tiga titik gletser yang masih ada di Papua yang berdasarkan pengamatan mengalami penurunan sekitar 30 cm. Proses pencairan es pada gletser Papua sangat cepat akibat dari faktor iklim. Setiap hari hujan turun menimpa gletser. Perlu diketahui pula bahwa gletser di Pegunungan Papua merupakan yang paling rendah dibanding dengan gletser lain di belahan bumi.
Nah nah, semakin semangat buat aksi go green kan..., lanjutan dari seri hijau nih yaitu go green ala Alexaandra Bastedo.
1. Ganti jendela kecil dengan jendela besar tanpa gorden sehingga cahaya matahari dapat menembus ke seluruh ruangan. Tak perlu menghidupkan lampu di dalam rumah di siang hari.
2. Setiap kamar dan dapur dilengkapi dengan jendela yang bisa dibuka. Sirkulasi udara lancar dan suhu dalam ruangan pun tidak tinggi.
3. Gunakan shower untuk menghemat pemakaian air sampai 30 liter.
4. Kamar mandi dilengkapai dengan dinding glass block sehingga cahaya matahari bisa menembus kamar mandi.
5. Sampah rumah tangga dipisahkan sesuai jenisnya yaitu sampah plastik, kaleng, kertas, dan sampah basah
6. Manfaatkan barang sisa dan tidak memaksakan diri untuk membeli barang baru sementara barang yang lama masih bisa digunakan terlebih jika hanya ingin terlihat keren dan bergengsi.
7. Alih-alih menyediakan gudang, kumpulkan barang2 lama dan sumbangkan.
8. Beli barang second dan jika dalam perjalanan waktu rusak tetap digunakan denagn membuatnya tampak bagus, menarik, dan enak dilihat.
Go greean emang selalu identik dengan aksi penghematan dan pemanfaatan yang efisien, bisa kita mulai sekarang mulai dari hal yang ada di sekitar kita. Jadikan sebagai kebiasaan dan tularkan! Help our earth save!