Cemara Siuk

Suku cemara-cemaraan atau Casuarinaceae meliputi sekitar 70 jenis tetumbuhan. Sebagian besar suku ini terdapat di Belahan Bumi Selatan, terutama di wilayah tropis Dunia Lama, termasuk Indo-Malaysia, Australia, dan Kepulauan Pasifik.

Cemara sendiri merupakan tetumbuhan hijau abadi yang sepintas lalu dapat disangka sebagai tusam karena rantingnya yang beruas pada dahan besar kelihatan seperti jarum, dan buahnya mirip runjung kecil. Namun kenyataannya pepohonan ini bukan termasuk Gymnospermae, sehingga mempunyai bunga, baik jantan maupun betina. Bunga betinanya nampak seperti berkas rambut, kecil dan kemerah-merahan.
Cemara adalah pohon yang sangat artistik untuk penataan sebuah taman. Dibentuk sedemikian rupa dalam gaya seni jepang yang bernama bonsai. Jenis cemara asli Indonesia untuk dibuat bonsai yang paling bagus adalah cemara udang atau Casuarina equisetifolia, berasal dari daerah Madura, Jawa Timur.Ada juga jenis cemara lainnya seperti cemara balon atau Casuarina nobillis yang tajuknya berbentuk seperti balon dan cemara norfolk atau Casuarina excelsa yang tajuknya bertingkat-tingkat cantik.
Sedangkan di tempat kami yang paling lazim adalah cemara angin atau Casuarina junghuhniana. Cemara angin atau di tempat kami disebut sebagai cemara siuk berdasarkan bunyinya jika diterpa angin. Jenis cemara ini menjadi pilihan dalam reboisasi karena tajuknya tidak lebar sehingga tidak mengganggu tanaman kentang yang harus mendapat sinar matahari. Saat ini kami juga melakukan pembibitan agar persediaan reboisasi tercukupi.