Reboisasi 2009

Dataran tinggi Dieng sebagai daerah penyangga air bagi Kabupaten Wonosobo dan sekitarnya saat ini kondisinya sangat memprihatinkan dengan adanya dominasi tanaman kentang dan berkurangnya tanaman keras. Kondisi ini dapat memicu terjadinya kerusakan tanah, potensi bencana longsor dan banjir, serta berkurangnya sumber air. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kondisi hutan adalah dengan penanaman tanaman keras.

Tujuan kegiatan ini adalah membantu pemulihan hutan yang gundul untuk mencegah terjadinya bencana, mengembalikan kondisi tanah, dan menjaga sumber air. Pengadaan bibit dibantu oleh pihak Perhutani yaitu sebanyak 690 bibit, terdiri dari bibit jambu, kayu manis, kemiri, dan eukaliptus. Penanaman dilakukan di kawasan Petak 12 Gunung Perahu.
Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan survei lokasi pada 21 November 2009 dan 1 November 2009, dilanjutkan dengan persiapan lahan pada 26 November 2009, dan pelaksanaan pada 29 November 2009. Pada pelaksanaannya peserta adalah dari Kelompok Peduli Lingkungan The Bull Egg Adventure, Banser Patakbanteng, Anshor Patakbanteng, Pecinta Alam Simpangan, Linmas Patakbanteng, SMU NU, tim KKN-PPM UGM,serta diawasi oleh pihak Perhutani.
Setelah dilakukan penanaman lalu diadakan diskusi dengan pihak Perhutani.