Manajemen Alam 2009

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah pengenalan alam bagi anak-anak tingkat Sekolah Dasar/MI, untuk menanamkan kesadaran cinta dan peduli lingkungan sejak usia dini.
dan MI Patakbanteng pada 3 November 2009. Pelaksanaan kegiatan yaitu pada 8 November 2009, bertempat di Telaga Warna.

Kegiatan ini melibatkan anak-anak yang terdiri dari pelajar SD dan MI kelas IV, V, dan VI yang ada di Desa Patakbanteng dengan total peserta yaitu 120 anak. Mereka dibagi menjadi 7 kelompok dan diharuskan melewati 7 pos, dimana di setiap pos mendapatkan permainan yang dimaknai dengan motivasi untuk mencintai lingkungan.
Pada Pos 1 anak-anak belajar kekompakan dan belajar menghemat serta memanfaatkan kertas. Pada Pos 2 anak-anak diajarkan potensi hewan ternak sebagai alternatif mata pencaharian. Pada Pos 3 anak-anak belajar mengenal satwa dan mencintainya sehingga keseimbangan alam terjaga. Pada Pos 4 anak-anak diajarkan tentang sampah organik dan anorganik. Pada Pos 5 anak-anak belajar macam dan kegunaan obat alami. Pada Pos 6 anak-anak belajar fungsi alat tubuh. Pada Pos 7 anak-anak belajar macam-macam tanaman beserta fungsinya.
Setelah melewati ketujuh pos, anak-anak berkumpul di area Goa Semar untuk beristirahat, selagi panitia menghitung nilai. Untuk mengisi waktu nak-anak juga diajak membuat puisi mengenai alam. Ada yang antusias, nmaun ada pula yang masih malu-malu. Setelah pembuatan dan pembacaan puisi, lalu diberikan pengumuman pemenang.
Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, anak-anak menjadi semakin ramah terhadap alam dan tidak ingin merusak lingkungan yang ada di sekitarnya.